Pengantar Akuntansi

10:55 PM

fibrianto.com - Perkembangan suatu kegiatan dunia usaha yang kian hari kian menuju era modernisasi tidak terlepas dari ilmu akuntansi yang kita kenal selama ini. Apakah pengertian Akuntansi?

Akuntansi adalah proses mengkomunikasikan informasi keuangan tentang entitas bisnis untuk pengguna seperti pemegang saham dan manajer (Elliot, Barry & Elliot, Jamie: Financial accounting and reporting).

Menurut American Institute of Certified Public Accountants (AICPA) Akuntansi adalah seni pencatatan, penggolongan, peringkasan yang tepat dan dinyatakan dalam suatu mata uang, transaksi-transaksi dan kejadian-kejadian yang setidak-tidaknya bersifat finansial dan penafsiran dan hasil-hasilnya. 

Pengguna Informasi Akuntansi - Internal & Eksternal

Informasi akuntansi membantu pengguna untuk membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Pengguna informasi keuangan mungkin baik internal dan eksternal organisasi.
1. Pengguna internal (Pengguna Primer) informasi akuntansi meliputi:
  • Manajemen: untuk menganalisis kinerja dan posisi organisasi dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan hasil perusahaan.
  • Karyawan: untuk menilai profitabilitas perusahaan dan konsekuensinya pada remunerasi dan jaminan kerja masa depan mereka.
  • Pemilik: untuk menganalisis kelangsungan hidup dan profitabilitas investasi mereka dan menentukan apa saja di masa depan tindakan.
  • Informasi akuntansi yang disajikan kepada pengguna internal biasanya dalam bentuk rekening manajemen, anggaran, prakiraan dan laporan keuangan.
2. Pengguna eksternal (Pengguna Sekunder) informasi akuntansi meliputi:
  • Kreditor: untuk menentukan kelayakan kredit dari organisasi. Persyaratan kredit yang ditetapkan oleh kreditur sesuai dengan penilaian kesehatan keuangan pelanggan mereka. Kreditur termasuk pemasok serta pemberi pinjaman keuangan seperti bank.
  • Authourities pajak: untuk menentukan kredibilitas pajak diajukan atas nama perusahaan.
  • Investor: untuk menganalisis kelayakan investasi di perusahaan. Investor ingin memastikan mereka dapat menghasilkan pengembalian atas investasi mereka sebelum mereka melakukan apa saja sumber daya keuangan untuk perusahaan.
  • Pelanggan: untuk menilai posisi keuangan pemasok yang diperlukan bagi mereka untuk mempertahankan sumber stabil pasokan dalam jangka panjang.
  • Otoritas regulasi: untuk memastikan bahwa pengungkapan perusahaan informasi akuntansi sesuai dengan aturan dan peraturan yang ditetapkan untuk melindungi kepentingan para pemangku kepentingan yang mengandalkan informasi tersebut dalam membentuk keputusan mereka.
Pengguna eksternal diberikan informasi akuntansi biasanya dalam bentuk laporan keuangan. Tujuan laporan keuangan adalah untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang beragam seperti informasi akuntansi dalam rangka untuk membantu mereka dalam membuat keputusan keuangan yang sehat.

Akuntansi meliputi pencatatan, penggolongan, dan meringkas transaksi dan kejadian dengan cara yang membantu penggunanya untuk menilai kinerja keuangan dan posisi entitas. Proses dimulai dengan terlebih dahulu mengidentifikasi transaksi dan kejadian yang mempengaruhi posisi keuangan dan kinerja perusahaan. Setelah transaksi dan kejadian diidentifikasi, mereka dicatat, diklasifikasikan dan dirangkum dengan cara yang membantu pengguna informasi akuntansi dalam menentukan sifat dan pengaruh transaksi dan peristiwa tersebut.

Akuntansi adalah profesi yang sangat dinamis yang terus-menerus menyesuaikan diri dengan berbagai kebutuhan penggunanya. Selama beberapa dekade terakhir, akuntansi telah bercabang ke berbagai jenis akuntansi untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda dari penggunanya.

You Might Also Like

0 comments