The Kaizen Ways

12:29 AM

Saat kita membutuhkan sebuah motivasi perubahan, berikut kutipan sebuah buku inspiratif.

 KAIZEN
KAIZEN


Kaizen merupakan strategi alternatif untuk berubah. Kaizen nampak di dalam ungkapan yang terkenal dan sangat kuat pengaruhnya ini:

"Perjalanan sepanjang satu mill harus dimulai dengan langkah pertama" (Lao Tzu, seorang ahli filsafat)

Meskipun terdengar sebagai nama asing, kaizen sebagai langkah-langkah kecil menuju perbaikan yang berkelanjutan.
Awalnya, flosofi ini nampak mengjutkan dalam situasi yang dihadapi waktu itu, namun entah bagaimana, langkah-langkah kecil ini meningkatkan akselerasi yang brilian atas kapasitas produksi dari perusahaan - perusahaan yang ada di Amerika. Kualitas peralatan Amerika dan kecepatan produksinya menjadi dua faktor utama kemenangan tentara sekutu waktu itu.

"Ketika Anda memperbaiki hal kecil setiap harinya, pada akhirnya hal yang besar akan terjadi. Ketika Anda meningkatkan kondisi yang kecil setiap hari, pada akhirnya perbaikan yang besar atas kondisi tersebut akan diperoleh. Tidak hari esok, tidak hari berikutnya, namun pada akhirnya hasil yang besar akan terlaksana. Carilah perbaikan kecil setiap harinya satu demi satu. Hanya dengan cara itulah, hal itu akan terjadi. Dan ketika hal itu terjadi, dia akan bertahan lama." (John Wooden, pelatih basket yang paling berhasil di dalam sejarah bola basket).

Filosofi dari langkah-langkah kecil menuju perbaikan ini diperkenalkan pada Jepang setelah perang ketika pasukan Jendral Douglas MacArthur yang menduduki Jepang mulai membangun kembali negara tersebut. Apabila Anda akrab dengan dominasi perusahaan Jepang di akhir abad dua puluh, itu merupakan hasil dari Kaizen. Besar sekali dampak yang bisa didapatkan dengan menerapkan Kaizen.

(Dikutip dari buku The Kaizen Ways)

You Might Also Like

0 comments