Bijak Mengelola Bonus Tunjangan Hari Raya (THR)

7:54 AM


Sesuai dengan namanya, Salah satu hal yang ditunggu saat menjelang Hari Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya, maka dana THR ini sebenarnya dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan di saat Hari Raya. Pertanyaannya bagaimana cara kita mengelola THR tersebut?

Salah satu hal yang ditunggu saat menjelang Hari Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya. Tambahan uang saku untuk pulang kampung dari perusahaan tempat Anda bekerja tersebut tentunya menjadi sesuatu yang sangat membantu keuangan, baik untuk yang pulang kampung, ataupun yang memutuskan untuk tinggal di perantauan.

Tidak bisa disangkal, selain kebutuhan pokok yang rutin setiap bulan, menjelang lebaran makin banyak keperluan yang perlu dipenuhi. Kalau Anda tidak mudik, disarankan untuk memerbanyak porsi investasi dari uang THR sambil tetap mengontrol pos biaya hidup. Tetapi seringkali seorang karyawan tidak tahu cara memanfaatkan THR dengan benar sehingga habis begitu saja. 

Beberapa hal berikut bisa dilakukan untuk memanfaatkan “kelebihan” uang THR Anda.
Bagaimana memanfaatkan jatah THR supaya bisa dikelola dengan baik dan benar?

Melunasi Kewajiban
Anda masih punya tunggakan hutang? Atau cicilan yang belum dilunasi? Daripada resah harus mencicil tiap bulan, kenapa tidak memanfaatkan kelebihan pendapatan untuk melunasi kewajiban Anda? Selalu menyenangkan bila hidup tidak memiliki tanggungan.

Jangan biarkan utang Anda semakin menumpuk. Gunakan THR untuk melunasi utang terlebih dahulu. Prioritaskan pembayaran utang tidak konstan atau memiliki bunga paling besar, barulah setelah itu lunasi utang dengan bunga lebih kecil. Jika belum bisa melunasi seluruhnya, minimal Anda sudah bisa menguranginya. Kendati mungkin ada rasa sayang menggunakan THR untuk membayar utang, pikirkan keringanan karena terbebas beban utang dan bunga yang nantinya akan Anda rasakan setelah utang dilunasi.

Ditabung
THR bisa dijadikan momen untuk memulai sebuah tabungan. Orang cenderung kesulitan untuk menyisakan sedikit uangnya setiap akhir bulan sebagai simpanan untuk hari nanti. Tetapi dengan adanya THR, maka ada pemantik semangat untuk menata kembali semangat menabung.

Jika Anda ingin mencari cara lain menyimpan THR selain menabung, membeli produk investasi bisa dipertimbangkan. Cara lain menyimpang uang selain menabung adalah membuka deposito, serta berbagai investasi lain yang bisa terjangkau dengan uang THR, seperti membeli emas, atau ikut reksadana. Alokasikan minimal sekitar 10 persen dari pendapatan THR, tentunya semakin besar yang Anda alokasikan maka akan semakin baik untuk masa depan.

Beramal

Membayar kewajiban dan belanja hari raya Ini adalah salah satu kebutuhan yang tidak terelakan. Jangan lupa kewajiban Anda. Sisihkan 2,5 persen untuk membayar zakat, sisakan sedikit pendapatan Anda untuk tabungan di akhirat nanti dengan beramal kepada orang yang membutuhkan. Ada banyak badan amal dan zakat yang siap menerima sumbangan Anda untuk disampaikan kepada yang berhak. Ulurkan tangan kepada yang tidak mampu demi tiket menuju surga.

Setelah itu, barulah gunakan untuk membeli kebutuhan barang pokok dan barang lain kebutuhan lebaran. Kuncinya adalah jangan berlebihan. Batasi pengeluaran lebaran sampai sekitar 1,5 hingga 2,5 kali pengeluaran bulanan Anda. Yang jelas, kalau THR tidak mencukupi, jangan memaksakan diri. Apalagi sampai mengambil dari pos lainnya atau malah tabungan.

Mengelola dan menginvestasikan THR itu sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah asal tahu caranya. Selain itu, Anda juga harus pro aktif melakukan kontrol diri dari perilaku konsumtif. Jangan biarkan uang THR melayang dengan sia-sia, tanpa ada manfaatnya sama sekali.


You Might Also Like

0 comments