Utang dan Peluang Investasi Perumahan KPR

11:08 PM



Utang & Peluang Investasi KPR


www.fibrianto.com – Banyaknya peluang dan kemudahan dalam pemberian fasilitas kredit oleh perbankan dalam menggaet Debitur kredit kepemilikan rumah (KPR) dapat membantu dan menjanjikan peluang bisnis usaha meraih keuntungan investasi rumah KPR di bidang property perumahan. Properti rumah atau tempat tinggal termasuk salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang atau setiap keluarga Semakin meningkatnya kehidupan sosial masyarakat dengan banyaknya kelas menengah atas, yang pertumbuhannya dari hari ke hari kian pesat, kebutuhan akan rumah juga semakin urgent. Otomatis, permintaan akan penjual rumah dengan pengembang juga meningkat.

Utang KPR bisa menjadi utang produktif jika asset perumahan yang dibeli melalui fasilitas kredit tersebut dapat juga disewakan/dikontrakkan untuk penghasilan tambahan pemiliknya. Berapa besar nilai sewa/kontraknya? Biasanya nilai tersebut antara 3% s/d 5% per tahun, tergantung lokasi dan kesepakatan antara pemilik dan penyewa. Selain itu keuntungan Investasi perumahan / property  cenderung semakin meningkat dari tahun ke tahun, Sebagaimana kita ketahui, bahwa nilai rumah yang dijual khususnya di dalam kompleks perumahan dapat meningkat di atas 3 X nilai inflasi pertahun. Kondisi tersebut akan memacu peningkatan nilai jual rumah diperumahan.

Dalam melakukan investasi rumah diperlukan pertimbangan khusus agar dapat memperoleh keuntungan dikemudian hari misalnya nilai jual kembali yang tinggi serta kemudahan dalam menjual rumah, berikut ini hal-hal yang mungkin berguna:
1.      Memilih investasi rumah di perumahan dengan pengembang yang telah dipercaya yang mempunyai lokasi bagus akan lebih menjamin keuntungan, misalnya pada daerah strategis di perkotaan, area bebas banjir, sarana umum yang lengkap disekitar perumahan.
2.     Setelah menetapkan perumahan mana yang akan dibeli sealnjutnya dalam lingkup yang lebih kecil yaitu memilih letak rumah pada satu komplek, rumah yang berada dijalan utama akan lebih banyak diminati, jika ada fasilitas social seperti lapangan olahraga atau masjid maka dapat dipilih rumah yang dekat dengan sarana tersebut, selain itu arah hadap rumah juga mempengaruhi kenyamanan.
3.     Memberikan nilai tambah rumah, misalnya dengan melakukan renovasi untuk mempercantik nilai keindahan arsitektur sehingga dapat menarik minat pembeli rumah.
4.     Pilih bank penyedia KPR yang sudah terpercaya untuk memastikan perjanjian kredit berjalan dengan lancar dan aman sampai dengan proses kredit berakhir, juga pertimbangan mengenai beban / kewajiban kita sebagai Debitur.

Uraian tersebut dapat menjadi gambaran tentang keuntungan investasi rumah KPR di perumahan. Smoga bermanfaat bagi para Debitur yang hendak menjadikan fasilitas utang kita menjadi lebih produktif dan menguntungkan dalam investasi Perumahan KPR. Untuk mendapatkan informasi yang lain dapat mengunjungi kembali Blog www.fibrianto.com


You Might Also Like

0 comments